Capres 2014

Jafar Hafsah: Ani Yudhoyono Turunan Pimpinan

Pembukaan Inacraft 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Mantan Ketua Fraksi Demokrat di DPR Jafar Hafsah mengakui bahwa Nurhayati Ali Assegaf yang menjadi Ketua Fraksi Demokrat memang memiliki kedekatan personal dengan Ibu Ani Yudhoyono. Bagi Jafar, 2014 memang ada peluang Ani Yudhoyono untuk maju sebagai calon presiden dengan beberapa catatan.

"Tentunya Ibu Ani memiliki kapasitas. Tapi apakah itu yang diinginkan oleh rakyat?" kata Jafar Hafsah sebelum sidang paripurna di gedung DPR, Jakarta, Kamis 24 Mei 2012.

Jafar mengakui bahwa dengan dipilihnya Nurhayati Assegaf semakin menunjukkan bahwa Partai Demokrat meningkatkan peran perempuan dalam berpolitik. "Tentu, Demokrat itu kan partainya perempuan," kata Jafar yang kini menjadi Ketua Fraksi Demokrat di MPR ini.

Jadi apakah kemungkinan 2014 akan dipimpin perempuan? "Oh, mungkin." Bagi Jafar, Ibu Negara Ani Yudhoyono berpeluang untuk maju di 2014. Tetapi itu dikembalikan lagi kepada keluarga dan keputusan partai.

"Kita juga tahu bahwa Ibu Ani itu turunan pimpinan. Tinggal Majelis Tinggi dan keluarga," kata politisi asal Sulawesi Selatan ini. Ani Yudhoyono merupakan anak ketiga Panglima RPKAD (sekarang Kopassus) Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo.

Nurhayati pernah menjadi Staf Khusus Ibu Negara RI Ani Yudhoyono dari tahun 2004-2009. Namun Nurhayati menolak hal ini dikaitkan dengan terpilihnya dia menjadi Ketua Fraksi Demokrat. Dia pun membantah hendak memuluskan wacana majunya Ani Yudhoyono sebagai calon presiden 2014.

"Penunjukkan saya sama sekali tidak berkaitan dengan pencapresan karena saat ini adalah tahun kerja," kata Nurhayati sesaat setelah Sekjen Demokrat Ibas Yudhoyono resmi mengumumkannya sebagai Ketua Fraksi Demokrat yang baru. (umi)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024