Kominfo Ajak Bicara Google Soal Data Center

Google Ping
Sumber :
  • Valven

VIVAnews - Pekan lalu, Google sudah membuka kantor di Indonesia. Namun Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy, belum memberikan komitmen yang jelas terkait pembangunan data center.

Menanggapi ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan akan mengebut aturannya.

"PP (Peraturan Pemerintah)-nya saja belum jadi. Ya nanti kami ajak bicara mereka," ujar Tifatul di Kantor TVRI Senayan, Senin 2 April 2012.

Tifatul mengatakan, sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, semua jaringan telekomunikasi dan perbankan internasional harus membangun data center di Indonesia.

Saat ini, Google sudah membangun data center di Singapura, Taiwan dan Hongkong yang diklaim sudah mencakup untuk wilayah Asia Pasifik. Apa ini berarti ada kemungkinan Google tidak membangun data center di Indonesia?

"Soal jaringan internasional kan ada banyak (selain Google). Ada Skype, terus yang lain. Nanti kami panggil mereka," ucap Tifatul.

Namun, Tifatul tidak memberikan detail kapan Google akan dipanggil untuk membahas hal ini.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024